Tiga Versi Windows Yang Paling Rawan Dengan Program Jahat

Microsoft telah menghentikan dukungan terhadap sistem operasi Windows XP. Perusahaan tersebut tidak henti-hentinya mengkampanyekan untuk meminta para pengguna mulai beralih ke OS terbaru karena versi lama yang sudah tidak mendapatkan dukungan akan lebih berisiko untuk terkena virus ataupun program jahat.

Seolah ingin membuktikan dan menyakinkan para penggunanya, Mircosoft telah melakukan sebuah survei mengenai sistem operasi mana yang lebih rawan terhadap program jahat. Dalam laporan yang dikeluarkan Security Intelligence Report milik Microsoft, disebutkan bawha sistem operasi Windows Vista yang dirilis pada tahun 2007 masih berada di posisi puncak sebagai sistem operasi yang paling rawan terhadap serangan virus. Peringkat ifeksi sistem ini mencapai 3,24 persen.
Tiga Versi Windows Yang Paling Rawan Dengan Program Jahat
Sementara itu, Windows 7 dan juga Windows Xp berada di posisi kedua dan ketiga dengan rating masing-masing mencapai 2,59 persen dan 2,42 persen. Dalam laporan tersebut, Windows jug amenyebutkan bawha sistem operasi Windows 8.1 sebagai sistem operasi paling aman dari semua sistem operasi di miliki oleh Windows. Rating infeksi sistem operasi tersebut hanya mencapai 0,08 persen.

Sistem operasi Windows 8 sendiri masih cukup aman jika dibanding dengan Windows 7 dan Windows XP dengan rating mencapai 1,73 persen. Secara logikanya, baik Windows 8 ataupun 8.1 tidaklah dapat dikatakan aman sepertinya yang dsebutkan karena semua program jahat dan virus hanya menyasar sistem operasi yang populer seperti Windows 7 dan Windows XP sehingga tidak heran jika kedua sistem operasi tersebut memiliki rating infeksi yang lebih tinggi selain itu Windows 8 dan 8.1 masih tergolong muda karena baru dirilis.

Dari semua versi Windows, jumlah pengguna Windows 7 meningkat dari 48,77 persen menjadi 49,27 persen. Disisi lain pengguna Windows XP turun dari 26,29 persen menjadi 25,69 persen. Baik Windows 8 dan 8.1 jiak digabung memiliki jumlah pengguna sebanyak 12 persen dari total pengguna sistem operasi Windows saat ini.